Pages

Sunday, March 21, 2010

Part - 2 Belajar Partitur

Hallo gan, ketemu lagi di artikel Gitar yang ke dua. Kali ini kita akan membahas tentang cara membaca partitur gitar. Tentu ini akan sedikit lebih sulit karena dengan partitur kita berhadapan dengan not balok. Sebagai pelajaran awal kita akan bermain pada tangga nada natural atau C = do.


Oke langsung saja ke pembahasannya, coba perhatikan gambar partitur di bawah. Kita lihat ada 5 garis dan diantara garis itu ada spasi yang berjumlah 4. Jadi, jika kita bermain pada tangga nada C = do dan garis & spasi pertama kita mulai dari bawah, maka :
- nada C ada pada spasi ke 3
- nada D ada pada baris ke 4
- nada E ada pada spasi ke 4
- nada F ada pada baris ke 5
- nada g ada pada spasi ke 5
begitu seterusnya sampai kembali ke C. Dan begitu pula jika nadanya turun ke bawah.


Bangsry

Pada gambar diatas coba lihat dari yang paling kiri. Kita melihat ada not balok di spasi 3 dan itu adalah nada C. Dan pada garis ke empat itu adalah nada D dan pada spasi 5 itu nada E dan begitu seterusnya. Jadi gampang kan untuk tangga nada natural.
Dan untuk tanda 4/4 di samping kiri itu berarti dalam satu bar terdapat 4 ketuk. Dan disamping kirinya lagi itu lambang kunci G.
Jadi dapat di simpulkan kalau not balok tersebut 1/4 ketuk. Karena dalam satu ketuk terdapat 4 not balok.


Oke gan, sekian artikel dari saya mudah mudahan bisa menambah sedikit pengetauhan anda tentang partitur. Karena banyak sekali orang yang tidak bisa sama sekali membaca partitur.



No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...